Selasa, 26 Maret 2013

Contoh Cerita Pengalaman Prbadi


Kali ini akan saya terangkan cara membuat cerita pendek ( cerpen ) dari pengalaman Pribadi...

Langkah-langkah membuat cerpen :
  1. membuat tema dan/atau amanat.
  2. membuat sinopsis ( cerita singkat )
  3. mengembangkan sinopsis menjadi sebuah cerpen :
caranya sbb:
    • menguraikan latar
    • menyajikan peristiwa-peristiwa pendahuluan menuju ke
    • menyisipkan dialog-dialog ( jika di perlukan ) konflik di
    • menampakkan karakter-karakter -penyelesian


berikut ini saya sajikan cerpen dari pengalaman pribadi saya..

OLAHRAGA JAM 3-4
Oleh Heri Siswanto, SMK N 2 PATI

( sinopsis )

Olahraga jam ke 3-4 adalah pelajaran olahraga yang di berikan pak nursam, kebetulan olahraga yang di berikan adalah olahraga volly. Volly adalah hobiku dari kecil hingga saat ini, dan aku masih mengidolakan olahraga itu. Saya dari kecil sering berlatih dan berlatih terus hingga tanpa mengenal waktu sehingga hasilnya memuaskan di kala waktu aku SMP. Olahragaitu bertepatan pada tanggal 9 mei 2011, pada waktu itu ada pendaftaran siswa baru di SMK N 2 PATI, aku berprasangka bahwa di hari ini olahraganya bebas tidak ada gurunya. Hatiku bimbang untuk mengikutinya, dan pada akhirnya aku pun mengikutinya.
Sewaktu berolahraga volly pada saat melakukan servis giliranku, entrah kenapa tiba-tiba tanganku menjadi sakit dan tidak ada tenaganya. Setelah di teliti ternyata aku patah tulang.

( cerita selengkapnya )

Aku berangkat dari rumah pukul 06.15 WIB, aku berangkat dengan santai dengan sepeda motorku, aku menikmati suasana pagi yang cerah dan menyejukkan hati dan jiwa walaupun banyak asap dari kendaraan bermotor. Pagi itu adalah pagi yang sangat indah untuk memotivasi diriku untuk semangat.

Kini aku sudah sampai di depan gerbang sekolahan dan menata kendaraanku dengan rapi. Bel berbunyi dengan iringan musik berbunyi sampai berulang tiga kali. Pelajaran pertamaku adalah bahasa inggris.

Sesudah jam pertama dan kedua habis kini saatnya mulai jam ke 3 dan 4 yaitu pelajaran olahraga yang dibimbing oleh pak nursyam. Entah kenapa aku rasanya bimbang untuk mengikuti pelajaran olahraga ini dalam hatiku, hatiku berkata “ ah paling tidak ada gurunya dan paling ini waktu yang bebas karena ada PSB “

Pada akhirnya aku pun mengikuti pelajaran tersebut karena teman-teman pada ikut semua, ternyata waktu itu ada pengajarnya yaitu Pak Nursyam, olahraga yang diberikan kali ini adalah volly, hatiku tambah semangat lagi kalau olahraganya volly.

Olahraga ini tanpa pemanasan dan do’a gak tau deh paling tuh gurunya lupa, biasanya sih berdoa dan diloanjutkan dengan pemanasan” pikirku
Sewaktu olahraga volly berlangsung kini giliranku melakukan servis , tiba-tiba tanganku menjadi tek terkendali dan tidak kuat, karena tiada tenaganya.

Karena kesakitanku aku menjerit kesakitan, dan langsung aku dilarikan ke RS UMUM KUDUS, karena akan di Rongten. Hasil rongtennya menyatakan bahwa tanganku mengalami patah tulang dan harus di operasi sebagai alternatif pengobatan, tetapi pihak keluarga tidak setuju kalau aku harus di operasi karena biaya operasi sendiri cukup mahal, sebagai altternatifnya aku melahukan pengobatan teraphy secara teratur.

Hari demi hari ku telah lewati aku menunggu kesembuhan untuk tanganku ini, setelah delapan bulan lamanya aku menunggu membuahkan hasil yang maksimal, kesabaran membuahkan hasil yang maksimal. Hatiku sangat senang ketika kesembuhan itu datang, aku bersyukur kepada Tuhan karena yang memberi kesembuhan adalah Tuhan Yang Maha Esa.

(Heri Siswanto, SMK N 2 PATI)


Amanat yang terkandung didalamnya
  1. Selalu bersabar jika menerima musibah maupun masalah
  2. Selalu berusaha menjadi yang lebih baik
  3. Jangan berprasangka buruk terhadap suatu hal
  4. Selalulah berdoa jika ingin melakukan segala aktivitas
  5. Sakit itu pasti ada kesembuhan


1 komentar: